Kamis, 24 November 2016

Mengelola Informasi

Keterampilan Komputer & Pengelolaan Informasi

PENGENALAN / DASAR-DASAR KOMPUTER UMUM
Komputer merupakan alat bantu pengolahan data. Perkembangannya sudah sedemikian cepat, tidak terhitung dalam waktu tahunan. Para pakar dan ahli selalu mengembangkan teknologi komputer sedemikian rupa sehingga bisa mengakses berbagai kebutuhan untuk menyediakan keluaran informasi yang beragam. Perkembangan yang begitu cepat itu dikarenakan seluruh dunia sudah familier dengan yang namanya komputer, dan para penggunanya selalu berusaha untuk meningkatkan kemampuan maupun peralatan yang digunakan. Komputer sudah merambah ke berbagai segi, mulai dari kebutuhan rumah tangga sampai dengan negara, bahkan sampai jaringan antar satelit. Maka belajar komputer dirasa tidak akan ada habisnya, tinggal bagaimana kita berusaha dengan senang hati mengikuti perkembangan teknologi dan belajar darinya.

Komputer adalah seperangkat elektronik yang dapat menerima masukan (input), dan selanjutnya melakukan pengolahan (process) untuk menghasilkan keluaran (output) berupa informasi. 
Berikut ini akan disampaikan istilah-istilah umum yang sering digunakan dalam dunia komputer :
Size: Bytes, kilobytes, megabytes, gegabytes adalah satuan hitung dalam media penyimpanan data.
1.              1 bytes,
2.              1 kilobytes= 1024 bytes,
3.              1 megabytes=1024 kilobytes,
4.              1 gegabytes= 1024 megabytes. Kita bisa mengetahui jumlah bytes per file akan tampak pada size ketika kita melakukan manajemen data dari eksplorer.

2.        Hardware


A. CPU (central processing unit)

1) Processor: adalah otak yang menterjemahkan berbagai perintah komputer dan menjalankan berbagai pengolahan maupun perhitungan. Yang sering kita dengar antara lain:
a) Intel Pentium: I, II, III, IV, V yang membedakan antara tingkat satu dan seterusnya adalah kecepatan memprosesnya. Dari tingkat 233 mhz sampai 3.1 ghz dan diatasnya.
b) Processor lainnya seperti: Duron, MMX, Celleron dll.

2) RAM: adalah memory yang digunakan apabila kita menjalankan berbagai program. Apabila memory ini tidak cukup dan terlalu banyak program yang dijalankan, maka komputer akan terjadi hang (macet).

3) Mother Board: adalah papan utama di dalam cpu yang digunakan untuk meletakkan dan menyambungkan berbagai komponen utama di dalam komputer.

4) CD ROM: adalah perangkat yang digunakan untuk operasi CD data, CD audio, maupun CD video. CD ROM ini tidak dapat digunakan untuk menulis ke dalam CD, hanya bersifat untuk membaca saja. Kapasitasnya berkisar antara 600 mb – 700 mb.

5) CD RW: hampir sama dengan CD ROM hanya mempunyai kapasitas untuk menuliskan ke dalam CD dengan perintah burning.

6) Hardisk: adalah media penyimpan data yang diletakkan di dalam CPU, biasanya juga digunakan untuk program utama starting komputer (bootable). Kapasitas yang digunakan secara umum berkisar antara 3,1 gegabytes sampai 80 gb. Besarnya kapasitas perlu disesuaikan dengan kemampuan proses di komputer, jika kebesaran maka akan menjadikan komputer berjalan lambat.

7) Flopy Disk: adalah media penyimpan data berupa disket, ukuran yang sekarang sering kita lihat adalah 3,5” untuk ukuran 5,1” sudah jarang kita pergunakan. Kapasitas 3,5” biasanya 1,44 mb.

8) Flash Disk: adalah media penyimpanan yang baru ngetrend akhir-akhir ini. Bentuknya mudah di bawa dan bisa digunakan untuk menulis maupun menghapus file data dari dalamnya dengan mudah. Untuk mengkoneksi ke komputer diperlukan USB.

9) Card: adalah kartu yang ditancapkan di CPU untuk menghubungkan ke perangkat lainnya.
a) Sound Card: untuk menghubungkan ke salon multimedia.
b) VGA Card: untuk menghubungkan ke monitor
c) LAN Card: untuk menghubungkan ke network (LAN: local area network)
d) Card Printer, Keyboard, Mouse: untuk menghubungkan ke printer, keyboard, mouse.




b. Monitor: adalah output cetak ke layar atas hasil olahan komputer agar bisa dimengerti oleh bahasa pengguna komputer.

c. Keyboard: digunakan untuk pengetikan (input) perintah maupun data oleh pengguna komputer.

d. Mouse: alat bantu untuk melakukan perintah-perintah komputer dengan cara mengclick ataupun menggerakkan kursor dengan lebih mudah.

e. Printer: perangkat output cetak ke kertas. Kita mengenal printer antara lain, dot matrik dengan jarum, printer dengan tinta (canon, epson, hp), dan printer lazer.

f. Kabel
1) Kabel Power: kabel untuk menyambungkan ke sumber listrik.
2) Kabel Data: kabel untuk mengirimkan data, misal kabel printer, kabel kemonitor.

g. Stavolt: alat eksternal untuk menstabilkan voltase arus listrik yang masuk ke komputer.

h. Power Suply: perangkat awal untuk menerima arus listrik yang masuk, kemudian membagikannya kepada komponen-komponen yang terdapat di dalam CPU.

i. Modem: digunakan untuk melakukan sambungan ke internet melalui kabel telepon. Untuk lactop saat ini biasanya modem sudah termasuk di dalamnya, kita tinggal menyediakan kabel untuk menyambungkannya ke jaringan telepon.

j. TV Tuner: digunakan untuk menerima gelombang dari siaran TV, sehingga komputer kita bisa digunakan untuk menonton TV.

k. Joystick: digunakan untuk permainan game.

l. USB: adalah United Serial Bus digunakan untuk mengkoneksikan ke berbagai peralatan yang sudah diset dengan kabel USB. Misalnya flash disk, mouse, printer, scanner, hp, sound, dll.

2. Sofware: adalah perangkat lunak atau lebih dikenal merupakan program-program yang dijalankan di komputer. Saat ini ada dua macam software yang harus dibeli atau dengan licency, dan software bebas yang dapat digunakan tanpa licency. Sofware dengan licency antara lain: Microsoft Windows, Microsoft Office, dll. Sementara yang gratis antara lain Linux dan turunannya. Sementara untuk yang sering digunakan secara umum yaitu software office memuat antara lain: Microsoft Word untuk pengetikan kata, Microsoft Exel untuk olah hitung dan kolom, Microsoft Power Point untuk presentasi, Microsoft Acces untuk database, Microsoft publisher untuk layout leaflet dll.

3. Brainware: Betapapun canggihnya komputer, perangkat yang satu ini adalah yang paling penting, yaitu berupa SDM yang mengoperasikan komputer, yang memiliki keahlian untuk melakukan perintah-perintah komputer dan mengerti bahasa komputer. Adapun tingkatan pengguna komputer adalah:
a. Operator: yang menjalankan program aplikasi siap pakai untuk keperluan penyediaan informasi dan data.
b. Programmer: yang melakukan pemrograman komputer dan menciptakan program-program untuk digunakan dan dijalankan komputer.
c. Maintenance: Menguasai perangkat keras dan service atau perbaikannya.
5. DOS: sebelum windows muncul, perintah-perintah utama di dalam system komputer dilakukan dalam system dos. System ini mendasari pula system sebelum masuk ke windows. Perintah dos pada waktu itu misalnya: dir, copy, delete, rename, label, format, md, cd, diskcopy, dll.
6. Windows: secara lebih mudah dan familier maka dikeluarkan system operasi windows oleh microsoft, yang kita kenal mulai dari windows 93, 95,… 2000, windows XP dll.
7. Internet: adalah jaringan yang terhubung secara luas di seluruh dunia yang bisa diakses melalui jaringan telepon, satelit, dsb.
8. Web: adalah alamat untuk mengakses informasi, gambar, dsb dari internet dari web server yang disediakan. Misal http://www.microsoft.com
9. Email: media kotak surat ini sekarang sudah sangat familier. Setiap orang bisa membuat email secara gratis maupun dengan web server yang ada. Email yang menawarkan alamat kotak surat gratis antara lain: yahoo, excite, plasa, dll. Sementara yang berlangganan antara lain indonet, centrin dll.

Banyak pendapat tentang definisi dari kata “kumputer”, yang nantinya berkembang pada definisi tentang sistem komputer, ilmu komputer, dan teknologi Informasi.
Istilah dari komputer itu sendiri berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti “menghitung” (to compute atau reckon).
 
DIPANDANG DARI SISI BAHASA :
Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata komputer terdapat ke dalam penggunaan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata bagi "orang yang menghitung", kemudian menjelang 1897 juga didefinisikan untuk mesin yang bisa menghitung.
Dalam bahasa Perancis kata komputer, disebut sebagai istilah "ordinateur", yang berarti kira-kira "organisator", atau "memisahkan mesin".
Di Spanyol disebut "ordenador", dengan arti sama, walaupun di beberapa negara digunakan kata anglicism computadora.
Dalam bahasa Itali, komputer ialah "calcolatore", kalkulator, menekankannya computasional menggunakan di balik yang logis seperti penyortiran.
Dalam bahasa Swedia, komputer dipanggil "dator" dari "data", yang pada era tahun 1950-an, diberinama "matematikmaskin" (mesin matematika)
Dalam Bahasa Cina, komputer dipanggil "dian now" atau suatu "otak listrik".
Oxford English Dictionary (OED2), edisi ke 2, mendefinisaikan Komputer adalah suatu perangkat yang digunakan untuk perhitungan atau mengendalikan operasi-operasi yang dinyatakan dalam bentuk numeriK atau logika.

PANDANGAN DARI PARA AHLI :
Menurut V.C. Hamacher dalam bukunya “Computer Organization” , komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
Menurut Robert H. Blissmer (1985), dalam bukunya “Computer Annual”, komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
- menerima input
- memproses input tadi sesuai dengan programnya
- menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
- menyediakan output dalam bentuk informasi.
Sedangan William M. Fuori dalam bukunya “Introduction To The Computer, The Tool Of Business”, berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.
Menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-isntruksi yang telah tersimpan dalam memori.
Dari definisi diatas, maka dapat ditarik kesimpulan:
Komputer adalah seperangkat elektronik yang dapat menerima masukan (input), dan selanjutnya melakukan pengolahan (process) untuk menghasilkan keluaran (output) berupa informasi.
Sistem komputer adalah kumpulan dari elemen-elemen komputer (Hardware, software, brainware) yang salin berhubungan (terintegrasi) dan saling berinteraksi untuk melakukan pengolahan data dengan tujuan menghasilkan informasi sesuai dengan yang diharapkan.
MANFAAT KOMPUTER
Bidang Pendidikan
Penggunaan komputer sebagai alat pembelajaran dikenali sebagai CBE (Computer Based Education). Menurut pendapat Robert Taylor, peranan komputer dalam pendidikan dibagi menjadi 3 bagian yaitu TUTOR, TOOL dan TUTEE. Sebagai TUTOR, komputer berperanan sebagai pengajar melalui pendekatan pengajaran berbantukan komputer. Sebagai TOOL, komputer menjadi alat untuk memudahkan proses pengajaran dan pembelajaran seperti konteks pengajaran berintergrasikan komputer. Komputer juga dugunakan untuk melakukan pengolahan data proses pembelajaran, seperti pengolahan data nilai siswa, penjadwalan, beasiswa, dan sebagainya. Sebagai TUTEE komputer berperanan sebagai alat yang diajar, dan bisa melakukan Tanya jawab atau dialog dengan komputer yang biasa disebut dengan CAI (Computer Assist Instruction).
Sebagai misal, komputer memberi kemudahan dalam mencari dan menghasilkan bahan-bahan pembelajaran yaitu dengan adanya perpustakaan elektronik (e-library) atau buku elektronik (e-book). Dengan adanya Internet kita bisa mencari koleksi perpustakaan berupa buku-buku, modul, jurnal, paper, majalah, surat kabar, dan sebagainya. Bahkan kita juga bisa melakukan pembelajaran jarak jauh melalui internet yang dikenal dengan elektronic learning (e-learning). Bahkan saat ini di beberapa negera telah menerapkan pembelajarannya lewat internet atau semacam universitas terbuka. Kita bisa belajar lewat buku-buku atau modul yang disajikan secara menarik dan selain bentuk teks dan gambar juga bisa audio-visual yang diberikan lewat internet, atau bahkan secara video conference (teleconference).

Bidang Industri dan Manufaktur
Di bidang industri, komputer dipergunakan untuk mengontrol mesin-mesin produksi dengan ketepatan tinggi, misalnya CNC (Computer Numerical Contor) pengawasan numeric atau perhitungan, CAM (Computer Aided Manufacture), CAD (Computer Aided Design), yaitu untuk merancang bentuk (desain) sebuah produk yang akan dikeluarkan pada sebuah industri atau pabrik, misal sebuah mesin serba guna dalam industri metal. Banyak pula mesin-mesin dalam industri garmen dilengkapi dengan kontrol komputer, misalnya melakukan pewarnaan, membuat border, dan sebagainnya. Selain itu industri modern saat ini juga memanfaatkan robot yang secara otomatis melakukan kerja-kerja tertentu dalam sebuah industri yang dikontrol oleh komputer yang tidak mungkin dikerjakan manusia. Contohnya tangan robot dikontrol oleh komputer digunakan untuk memasang komponen-komponen renik dan chip-chip pada motherboard komputer, memasang komponen-komponen pada perangakat elektornik seperti televisi, radio/tape, dan lain sebagainya. Bahkan merakit kendaraan, mobil, motor, atau alat-alat berat lain telah dikontrol oleh komputer.

Bidang Bisnis dan Perbankan
Di bidang bisnis baik perdagangan barang maupun jasa komputer akan sangat penting untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodik, maupun insidentil dan menyediakan informasi dengan cepat dan tepat.Sistem Informasi Manajemen (SIM) / Management Information system (MIS), merupakan sistem informasi yang sudah banyak diterapkan pada perusahaan yang bergerak bidang perdagangan barang dan jasa baik pada perusahaan besar, menengah, bahkan perusahaan kecil. Di perusahaan dagang seperti department store, telah dipergunakan mesin cash register (mesin kasir) yang dilengkapi dengan kontrol komputer sehingga mesin tersebut dapat dikontrol oleh pihak manajer hanya dari ruangan kerjanya secara cepat dan tepat, untuk scanning barcode kode barang dagangan, menghitung rugi laba, inventori dan sebagainya.
Di bidang perbankan, telah memperkenalkan solusi core banking, seperti Finacle, yang memberikan solusi bagi bank yang ingin melakukan layanan finansial. Penghitungan keuangan, bunga, layanan keuangan seperti e-banking, e-cash, ATM, dan sebagainya merupakan contoh konkrit yang selama ini banyak digunakan di perbankan.

Bidang Teknik dan Ilmu Pengetahuan
Komputer sangat bermanfaat untuk perhitungan-perhitungan yang sulit dan membutuhkan presisi tinggi yang tidak mungkin dilakukan oleh manusia. Ini biasanya digunakan untuk keperluan penelitian dan riset. Para ahli biasanya akan mengadakan simulasi dengan komputer sebelum menguji coba sesungguhnya dari hasil temuannya, misalnya membuat model reaktor nuklir, membuat model-model atom dan molekul. Komputer juga bisa digunakan untuk bidang ilmu pengetahuan alam misalnya mempelajari keadaan struktur tanah, keadaan angin, cuaca, dan sebagainya.
Dalam bidang bioteknologi, peralatan-peralatan kultur telah banyak yang dilengkapi dengan kontrol komputer untuk mengusahakan ketelitian kerja pada ruang steril. Pada bidang teknik sipil komputer digunakan untuk menghitung presisi dan kekuatan kunstruksi bangunan, bidang arsitektur komputer digunakan untuk mensimulasi gambar-gambar ruang secara tiga dimensi.

Bidang Penerbangan dan Kemiliteran
Di bidang penerbangan dan luar angkasa komputer digunakan untuk mengontrol kendali pesawat menggantikan pilot, menghitung ketinggian pesawat, mengontrol panel-panel kendali seperti keadaan mesin, bahan bakar, dan kecepatan. Komputer juga digunakan untuk mengontrol pesawat ruang angkasa baik dengan awak maupun tanpa awak ke planet dan mempelajari keadaan dan isi planet.
Dibidang militer komputer digunakan untuk mengendalikan senjata atau peluru kendali. Untuk navigasi kapal laut dan kapal selam, untuk melakukan simulasi peperangan, dan melakukan pengiriman sandi-sandi rahasia militer.

Bidang Kedokteran
Di bidang kedokteran komputer sangat berperan untuk menolong jiwa manusia, dan riset bidang kedokteran. Komputer digunakan untuk mendiagnosa penyakit, menemukan obat yang tepat, menganalisa organ tubuh manusia bagian dalam yang sulit dilihat. Sistem CAT (Computerized Axial Tomography) untuk menggambar struktur otak dan mengambil gambar seluruh organ tubuh yang tidak bergerak dengan menggunakan sinar-X. Sedangkan untuk yang bergerak menggunakan sistem DSR (Dynamic Spatial Reconstructor), yaitu melihat gambar dari berbagai sudut organ tubuh. SPECT (Single Photon Emission Computer Tomography), merupakan sistem komputer yang mempergunakan gas radiokatif untuk mendeteksi partikel-partikel tubuh yang ditampilkan dalam bentu gambar. Bentuk lain adalah PET (Position Emission Tomography) juga merupakan sistem komputer yang menampilkan gambar yang mempergunakan isotop radioaktif. Selain itu NMR (Nuclear Magnetic Resonance), yaitu teknik mendiagnosa dengan cara memagnetikkan nucleus (pusat atom) dari atom hydrogen. Saat ini telah ada temuan baru yaitu komputer DNA, yang mampu mendiagnosis penyakit sekaligus memberi obat.

Bidang Kriminalitas
Komputer dapat digunakan untuk Crime analaisis Support system, yaitu sistem pendukung keputusan bidang kriminalitas. Polisi dapat mempelajari fakta dan mengambil kesimpulan dengan cepat dan tepat, misalnya mendeteksi pelanggaran lalu lintas, melakukan sidik jari, dan sebagainya. Sistem komputer lain yang digunakan untuk bidang kriminalitas adalah :
Pengetahuan Dasar Komputer
Komputer berperan penting dalam revolusi komunikasi. Salah satu contohnya dikenal dengan sebutan PC (personal computer) yang diciptakan untuk memudahkan suatu pekerjaan. Komputer memiliki dunia jenis perangkat, yaitu perangkat fisik/ keras (HARDWARE) dan perangkat lunak (SOFTWARE).

HARDWARE
PC terdiri dari beberapa komponen penting yang menunjanganya, yaitu :
• Memory
Memori dalam sebuah komputer tak lain adalah sebuah sistem penyimpanan internal komputer. Di dalam dunia teknologi, jenis memori yang bersifat sangat penting dikenal dengan sebutan RAM (random access memory). Di dalamnya disimpan segala bentuk program dan data yang diperoleh dari hasil penggunaan komputer.
• CPU (central processing unit)
CPU tak ubahnya seperti ”otak” dari sebuah komputer. CPU lah yang mengatur program – program apa saja yang dapat dipergunakan di komputer tersebut dan juga perihal kecepatan dalam memproses data.
• Expansion Board
Beberapa komputer dirancang memiliki sebuah celah atau lubang tempat ’expansion  boards’ dicocokkan. Perangkat ini berguna bagi beberapa fungsi dasar komputer  seperti meningkatkan tampilan pada monitor, atau meningkatkan kinerja pengoperasian komputer.
• Data Storage
Beberapa sistem dipergunakan untuk memasukan data, bahkan saat komputer dalam keadaan mati. Contohnya adalah ’floppy disk’ yang digunakan untuk menyimpan data yang berasal dari luar komputer (disket). Atau ’hard drives’ yang merupakan sistem yang paling dikenal dalam penyimpanan data.
• Monitor
Monitor merupakan komponen yang memunculkan tampilan gambar atau data dari sebuah komputer. Saat ini bagian pemasaran komputer sedang berlomba lomba untuk mengembangkan kecanggihan monitor. Dari mulai ukuran monitor yang berpengaruh pada daya jangkau penglihatan atas sebuah gambar hingga peningkatan resolusi gambar.


MICROCOMPUTER

Sebelum adanya PC, industri komputer didominasi oleh ’mini computer system’. popularitas PC dianggap sebagai bagian dari jejak langkah IBM microcomputer, yaitu pada tahun 1981 dimana orang orang sudah mengenal IBM dan PC dilontarkan.

• Portable Personal Computer
Semakin maju teknologi, semakin banyak produk komputer yang diciptakan untuk memudahkan manusia. Seperti ‘battery-operated notebook computer’ yang mudah dibawa bepergian. Produk ini dirancang dengan kualitas warna tampilan yang tinggi, modem internal, jaringan penghubung, dan CD-ROM. Perkembangan teknologi membuat produk ini semakin kecil dan ringan hingga semakin mudah dibawa bawa.

• Human Computer Interface
Berkomunikasi dengan komputer secara langsung dilakukan melalui perangkat keras yang kita gunakan. Komponen yang paling umum digunakan berinteraksi adalah keyboard. Komponen ini digunakan untuk mengontrol dan mengoperasikan program. Keyboard dilengkapi perangkat tambahan yang dikenal dengan sebutan’mouse’. ’Mouse’ digunakan untuk mempermudah kita memilih perintah perintah yang ditampilkan di layar monitor untuk selanjutnya dilaksanakan oleh komputer. Alat lain yang memudahkan kita untuk berinteraksi secara langsung dengan komputer adalah layar sentuh(touch screen), dengan ini, kita dapat berinteraksi secara langsung dengan monitor dengan menekan perintah perintah yang ada pada tampilan monitor.
Ada pula alat yang disebut dengan ’pen metaphor’, benda tersebut berbentuk pena namun khusus digunakan pada layar monitor untuk menulis atau menggambar.

SOFTWARE
Software atau perangkat lunak adalah komponen dalam sistem pemrosesan data. Fungsinya seperti mengidentifikasi program, menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh peralatan komputer terkontrol dan lebih efisien.

• Operating system and graphical user interfaces
Operating system (OS) merupakan bagian terpenting dalam perangkat lunak computer. Program ini diciptakan untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan kegiatan dari sistem komputer, terutama kerja komputer yang bersifat mendasar seperti pengaturan data, tabel pengkodean, atau mengatur memori. Contohnya adalah windows, LINUX, MS-DOS. MS-DOS menjadi ukuran standar bagi sebuah PC, MS-DOS menggunakan teks sebagai sarana berinteraksi. Sedangkan Graphic al  user interfaces (GUI) menggunakan metaphor visual untuk berinteraksi.Window merupakan scontoh darisoftware. Setiap program yang sedang berjalan ditampilkan dalam’w indow’ nya masing masing. ’window’ ini dapat berpindah, berubah ukuran, atau hilang tergantung perintah yang kita berikan kepada komputer.

• Database and Spreadsheet program
Program database digunakan untuk mendaftar suatu informasi, sehingga informasi yang ada disimpan dan diatur sedemikian rupa di dalam komputer. Melalui adanya program ini, komputer dapat mengolah data dalam bentuk file secara rapi, cepat dalam hal penempatan dan manipulasi. Dengan ini, seseorang dapat mencari tahu informasi secara mendetail tentang sesuatu yang telah disimpan di dalam sebuah komputer. Lain halnya dengan program spreadsheet, program ini cocok dengan bidang finansial. Data akan dimasukan dengan format berupa tabel, kolom, dan baris. Fungsinya hampir seperti fungsi matematika. Program ini juga dilengkapi dengan fasilitas seperti diagram batang, diagram garis, dsb. Contohnya adalah Microsoft Excel.

• Word processing program
Fungsi dasarnya adalah pembuatan dokumen, yaitu mengetik surat, berita, atau cerita. Intinya adalah seperti mesin ketik elektronik yang canggih.
• Web browsers
Ketika kita menggunakan fasilitas internet, kita akan berinteraksi secara universal dengan web browser. Program ini dapat dugunakan untuk mengedit halaman untuk internet.
• Programming languages
Program pengaplikasian diciptakan melalui bahasa pemrograman. Program ini menerjemahkan satu set instruksi untuk melakukan sebuah operasi sehingga dapat dimengerti oleh komputer. Bahasa yang umum meliputi Visual Basic, pascal, and Java.
• Graphic Program
Program ini digunakan untuk membuat gambar. Dengan program ini, seseorangdapat mengedit gambar yang sudah jadi atau, membuat gambar. Pengaturan warna yang lebih tajam, lebih kontras, hingga gambar yang dapat bergerak dapat dibuat dengan menggunakan program ini. Beberapa contoh graphic program adalah :
1.paint programs.
2.image editing program
3.drawing program
4.computer aided design program
5.animation and 3-D program
6.presentation progeram
7.visualization program                                                                                              

8.implications



PRINTER AND LOCAL AREA NETWORK

Printer
Printer memproduksi informasi yang telah diproses di dalam komputer menjadi nyata, biasanya data yang telah diolah di komputer dicetak menggunakan printer. Ada 4 macam printer :

1.Laser printer, printer jenis ini mencetak dokumen dengan kualitas
yang hampir mendekati dokumen yang telah diolah di computer.
2.Ink-jet printer, dibandingkan denagn laser printer, biaya printer jenis ini
lebih efisien.
3.Dot matrix printer, printer ini menjadi jenis yang paling disukai pada
era PC. Pada printer jenis ini, gambar dihasilkan melalui kumpulan
titik tik yang tersebar dengan jarak dekat sehingga terlihat merata.
4. plotter, printer ini menggunakan satu set pulpen untuk membuat
cetakan yang berhubungan dengan dania teknik atau arsitektur.

Local Area network (LAN)
Pada intinya Local ara network (LAN) merupakan sistem informasi dan komunikasi yang menghubungkan suatu PC dengan PC lainnya untuk bertukar informasi atau data. Biasanya LAN digunakan untuk membuat ikatan atas suatu grup perkantoran. Teknologi komputer mendesak pengaruh yang besar di bidang komunikasi. Semakin hari komputer semakin canggih diciptakan meskipun hal tersebut seiring dengan bertambahnya virus – virus baru yang dapat merusak sistem pengoperasian komputer.


0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates